Inilah Proses Cara pembuatan Telur Asin sederhana

Halo sahabat Resep sepuh kali ini saya akan memberikan bagai mana cara membuat telur asin dengan Abu dan Garam. Sebenarnya cara pembuatan telur asin ada bermacam, tapi saya akan membahas menggunakan abu ya sob. Selain enak telur asin juga banyak manfaatnya, kaya akan Gizi dan Vitamin, bagus untuk masa pertumbuhan anak. meningkatkan fungsi sel darah merah, dan masih banyak lagi.

Berikut ini saya akan membahas resep dan cara pembuatan telur asin sederhana dan mudah, resep ini saya dapat dari nenek saya , Untuk takaran pembuatannya abu dan garam nya 1 berbanding dua ya sob, jadi jika Abu gosok 1 kilo gram maka garam nya setengahnya.

Inilah Cara membuat telur asin dengan abu gosok dan garam:

1.    Pertama Cuci telur bebek dengan air hingga bersih, atau sob bisa juga menggunakan hampelas tapi awas jangan sampai pecah harus hati-hati.
2.    Campurkan garam, abu gosok, dan air, lalu aduk hingga menjadi adonan yang lembek.
3.    Telur bebek yang sudah dicuci atau di bersihkan tinggal dibaluri deh dengan adonan abu gosok. Baluri hingga merata agar tingkat keasinannya juga merata.
4.    Simpan telur yang telah dibaluri abu gosok ke dalam wadah yang tertutup rapat lebih bagus menggunakan taperware, tunggu 10-12 hari.
5.    Setelah telur masukan, bersihkan telur dari adonan dengan cara mengelap telur dengan lap atau kain basah, tetap harus hati-hati ya sob jangan sampai retak atau pecah telurnya.
6.    Setelah pada 10-12 hari tahap terakhir perebusan telur . Rebus telur asin setelah matang lalu matikan api dan diamkan telur di dalam rendaman air hingga air dingin, tujuannya agar si telur asin benar-benar sudah matang.
7.    Setelah dingin angkat telur dan siap di sajikan.
Begitulah cara membuat telur asin dengan abu gosok. selamat mencoba sob.
Sumber gambar

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »